Materi Tolak Peluru: Pengertian, Sejarah dan Peraturannya

tolak peluru

Tolak Peluru : Pengertian, Sejarah dan Peraturannya

Berikut adalah pengertian, sejarah serta peraturan tolak peluru. Tiga hal tadi perlu pembaca ketahui sebelum mulai menekuni cabang olahraga atletik nomor lempar tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, tim sportstars. id sudah merangkum tentang pengertian, sejarah dan peraturan dari menolak peluru. Yuk simak!

Ulasan Tolak Peluru

Mengutip Modul pembelajaran Teknik Dasar Menolak Peluru menjelaskan bahwa tidak mau peluru (shot put) termasuk salah satu cabang atletik no lempar. Sedangkan menurut KBBI, tolak peluru merupakan sports dengan menolak peluru sejauh mungkin sesuai dengan aturan yang ada.
Baca Juga: Sportpedia: Sejarah dan Trik Dasar Tidak mau Peluru

Alat bantu (peluru) berbentuk bola yang terbuat dari besi atau kuningan yang memiliki berat untuk putri 4kg & putra 7¼ kg. Dalam olahraga sorong peluru ini memiliki dua macam gaya, yaitu selaku membelakangi (o’brien) dan model menyamping (ortodoks).

Jika terdapat gaya lain yang digunakan para atlet tolak pelor itu merupakan variasi daripada kedua seperti. Olahraga tolak peluru itu tidak benar-benar melakukan gerakan melempar.
Baca Juga: 3 Cara Memegang Peluru dengan Benar dalam Tolak Pelor

Tetapi dengan menggunakan teknik menolak maupun mendorongnya. saja, dengan tujuan mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu saat mendorong atau menyodorkan peluru, para pemain hanya diperbolehkan menggunakan kekuatan dibanding salah satu tangan saja.

Silsilah Tolak Timah panas

Dilansir atas berbagai titik berat, olahraga menolak peluru tersebut diperkirakan berasal dari kegiatan sehari-hari masyarakat Yunani Kuno. Pada saat itu, warga yunani kuno melakukan olahraga tolak timah panas dengan bantuan batu.

Kemudian pada abad pertengahan, kebanyakan tentara perang memiliki kebiasaan melempar globe meriam. Hal ini disebut – sebut sebagai cikal bakal dari sports atletik.

Seiring berkemabangnya zaman, olahraga tidak mau peluru berikut menjadi lebih modern. Sekitar abad ke – 19 terdapat sebuah ajang kompetisi “Highland Games” di Skotlandia. Para peserta Highland Games melakukan lemparan dengan sandaran logam repot atau batu dari belakang garis nun sudah tersedia.

Pada tahun 1896 secara dapat mengikuti kompetisi cuma kaum laki – laki. Tetapi syarat tersebut telah berubah. Kira-kira abad 1948, para kaum hawa dapat mengikuti lomba tolak anak bedil.

Ragam Lainnya | Detail
Tolak Anak bedil: Pengertian, Histori dan Peraturannya

Peraturan Sorong Peluru

Pada kompetisi sorong peluru, karet atlet akan melakukan pertandingan selama enam sesi. Jika, hasilnya sama para olahragawan akan menyidik percobaan berikutnya.

Selain tersebut, dalam olahraga tolak peluru memiliki berbagai peraturan yg perlu getah perca atlet ketahui dan diingat selalu, sebagai berikut:
Membaca Juga: Sportpedia: Macam-Macam Gaya dalam Tolak Peluru

  • Setiap atlet dapat mempersiapkan diri selama 60 detik setelah namanya dipanggil.
  • Untuk tumpuan keamanan, setiap atlet bisa menggunakan tapping pada jarinya tetapi tidak menggunakan sarung tangan.
    Mengucapkan Juga: Sportpedia: Teknik Dasar Tolak Peluru bagi Pemula, Ada Apa Saja?
  • Posisi sepak bola berada didekat leher sepanjang gerakan. Apabila bola terlepas, maka dampak tolakan tak sah.
  • Saat melakukan gerakan menolak/mendorong, setiap olahragawan hanya diperbolehkan menggunak satu tangan aja di atas ketinggian bahu.
  • Para atlet siap menggunakan seluruh lingkaran. Tetapi bagian kaki tidak keluar lingkaran ataupun menapakan suku di perhentian pada bagian depan lingkaran.
  • Selain ini para atlet, tidak diperbolehkan meninggalkan lingkaran sebelum mendarat
  • Karet atlet juga hanya diperbolehkan meninggalkan lingkungan dari besok.
  • Gerakan menolak hendak dinyatakan sah, apabila wasit selesai menghitung titik pendaratan pertama sepakbola dengan jumlah sektor pendaratannya berada di sudut 34, 92 derajat.

Itulah penjelasan mengenai ulasan, sejarah, serta peraturan mulai olahraga tolak peluru. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.